Sabtu, 15 Juni 2024

Lomba Menulis Cerpen Gratis Yogyakarta

author photo

Lomba Menulis Cerpen Gratis Yogyakarta

Lomba menulis cerpen gratis


literasikalbar.com - Sayembara Lomba Menulis Cerpen Gratis Yogyakarta hadir sebagai suatu ruang kreatif  bgi para penulis muda untuk mengeksplorasi gagasan hingga gaya penceritaan dalam mengolah folklor.  Dewan juri merupakan sastrawan Yogyakarta yang akan mencari dan memilih 5 pemenang cerpen dan 15 cerpen terpilih akan diterbitkan menjadi cetak buku. 


Ketentuan Lomba Menulis Cerpen

1. Peserta Lomba Menulis Cerpen wajib mengisi form pendaftaran pada tautan bit.ly/SayembaraCiptaCerpenTBY 

2. Peserta Lomba Menulis Cerpen wajib menulis profil pribadi naratif minimal 3 alinea. 

3. Peserta Lomba Menulis Cerpen menulis satu judul cerpen dengan rentang 1500 kata hingga 2000 kata

4. Rormat penulisan Lomba Menulis Cerpen menggunakan huruf Arial, ukuran 11 spasi 1,5, margin 4-4-3-3, ukuran kertas A4. 


Baca Juga : Cerpen Pudar oleh Waktu


5. Cerpen dalam Lomba Menulis Cerpen merupakan karya terbaru. Cerpen belum pernah disiarkan baik di media sosial ataupun di media massa cetak dan daring, serta cerpen tidak sedang diikutsertakan pada sayembara serupa. 

6. Cerpen yang diikutkan dalam Lomba Menulis Cerpen ditulis dalam bahasa Indonesia yang baku, baik, dan benar dengan memastikan tidak terjadi kekeliruan dan saltik (salah ketik). Penggunaan kosakata bahasa daerah atau asing ditulid dengan dicetak miring disertai glosarium. 

7. Cerpen Lomba Menulis Cerpen bersumber dari folklor (cerita rakyat) yang ada di DIY mencakup daerah Kulon Progo, Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Yogyakarta dari sumber lisan maupun tulisan. Peserta Lomba Menulis Cerpen menyertakan catatan kaki tentang folklor yang dijadikan rujukan cerita. 

8. Peserta Lomba Menulis Cerpen tidak diperkenankan mendiskreditkan atau menghina SARA. 

9. Peserta Lomba Menulis Cerpen melampirkan surat pernyataan keaslian tulisan/bukan plagiasi/bukan pekerjaan AI yang ditempel meterai dan dibubuhi tanda tangan. Apabila melakukan plagiasi atau mengirimkan tulisan karya orang lain, maka peserta wajib memberikan klarifikasi atau permintaan maaf kepada masyarakat dan Taman Budaya Yogyakarta selaku penyelenggara sayembara. 

10. Peserta Lomba Menulis Cerpen merupakan warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) rentang usia 17 hingga 30 tahun yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Pelajar/Mahasiswa, atau surat keterangan pernyataaan peserta benar berdomisili di DIY. 


Baca Juga : Aku Baru Tahu Ternyata Istriku Berbohong


Penilaian Lomba Menulis Cerpen 

1. Penentuan pemenang Lomba Menulis Cerpen dilakukan dengan dua tahapan; Pertama, penentuan 10 nomine. Kedua, presentasi 10 nomine di hadapan dewan juri untuk menentukan 5 orang pemenang. Presentasi 10 nomine akan dilaksanakan Senin, 8 Juli 2024. 

2. Penilaian cerpen yang diikutkan Lomba Menulis Cerpen meliputi kesesuaian karya dengan tema, teknik bercerita, kreativitas, dan kedalaman pesan. 

3. Cerpen karya 5 pemenang dan 15 cerpen terpilih lolos Lomba Menulis Cerpen akan dicetak dan diterbitkan buku. Hak cipta karya Lomba Menulis Cerpen ada pada penulis, sedangkan penerbitan karya pemenang dan peserta Lomba Menulis Cerpen terpilih ada pada Taman Budaya Yogyakarta. 

4. Keputusan dewan juri Lomba Menulis Cerpen tidak dapat diganggu dan digugat. 


Baca Juga : Lomba Menulis Puisi, Cerpen, dan Pantun Gratis


Penghargaan Lomba Menulis Cerpen

1. Juara I : Rp5.000.000 

2. Juara II : Rp4.000.000 

3. Juara III : Rp3.000.000 

4. Harapan I : Rp2.500.000 

5. Harapan II : Rp2.000.000 

*(Uang pembinaan akan dipotong pajak)


Tulis Pendapat Anda 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post